Internet – Gudangnya Tips Dan Tutorial Gratis!

Dulu, saat kita ingin melakukan sesuatu tapi tidak tahu caranya, mau tidak mau kita harus bisa menemukan orang yang bisa mengajari kita, atau setidaknya memberi tahu kita bagaimana cara melakukannya. Dan ini tidak mudah lho, karena kita kan punya stok teman dan kenalan yang terbatas 😀 . Tapi sekarang, apapun yang kita lakukan, pasti ada informasinya di internet. Ya walaupun memang, kadang informasi yang kita temukan di internet itu rada-rada ngaco. Tapi asalkan kita mau mencari dengan teliti, pasti akhirnya kita bisa menemukan tips atau tutorial yang benar-benar valid. Bagaimana cara menemukannya? Ya tentu saja dengan menggunakan Google.co.id, yang sering disebut orang sebagai mbah Google.

Salah satu dari jutaan website yang menyediakan berbagai tutorial, tips, dan trik adalah http://www.akoso.com/tag/tutorial/. Tapi memang, website, atau sebenarnya blog yang satu itu topik yang dibahas relatif terbatas, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan web development. Tapi ada kok beberapa tips nya yang sifatnya general, seperti bagaimana cara memperpanjang SIM, dan sebagainya. Yang jelas, berbagai tutorial dan tips yang ada di sana itu valid dan enggak ngaco. Selain itu, blog itu blog personal yang diupdate hampir setiap hari. Bahkan kadang dalam sehari ada puluhan artikel yang fresh (mungkin yang punya gak punya kerjaan kali ya bikin artikel sebanyak itu dalam sehari ahahaha).

Kalau mencari tips yang hubungannya dengan hal-hal kesehatan, sebaiknya kita berhati-hati dalam mencari. Karena, ada banyak blog kesehatan yang isinya asal-asalan lho. Contohnya, aku pernah nemu blog yang menyarankan untuk meminumkan air putih ke bayi setidaknya 1 liter per hari. Bayi lho! Wah bener-bener ngasal ini yang bikin. Dan parahnya, bukan cuma sekali itu saja. Aku udah berkali-kali nemu yang ngasalnya berbahaya semacam itu. Kalau yang baca langsung percaya, wah kan berabe.

Intinya, walaupun di internet ada banyak sekali informasi, kita tetap harus menyaringnya. Kalau blog semacam punya Akoso itu ya boleh lah, isinya kalau kata orang jawa nggenah. Dan tidak ada salahnya juga kalau blog itu kita bookmark. Jadi kita tetap harus mempertimbangkan, apakah kira-kira penulisnya itu kredibel. Kalau mau aman, ya langsung aja cari info yang kita butuhkan di Wikipedia, walaupun sebenarnya ya tidak ada jaminan aman juga sih.

Advertisements